Nama Desa Paling Lucu di Indonesia

Indonesia terdiri dari puluhan ribu pulau dan juga ratusan ribu desa yang tersebar dari Sabang sampai dengan Merauke. Keberagaman negara Indonesia yang tercinta ini tercermin di berbagai macam suku dan budaya yang memenuhi negeri, termasuk adat istiadatnya. Selain itu, setiap daerah di seluruh penjuru Negeri memiliki nama masing-masing, mulai dari nama provinsi, wilayah, kabupaten, sampai nama desa atau dusun di tingkatan pemerintahan paling rendah. Saking berragamnya, ternyata ada banyak sekali nama-nama desa atau dusun yang sangat unik, bahkan sangat tidak bisa dinalar, mengapa desa tersebut dinamai nama tersebut. Beberapa ada istilah yang tidak lazim dijadikan sebagai nama daerah, tetapi juga yang sudah memiliki arti yang lain.

Cawet

Istilah ini adalah pengertian dari celana dalam yang sangat jarang diucapkan oleh orang. Tetapi di Indonesia, ternyata ada juga daerah yang menggunakan nama Cawet sebagai nama daerah, Bukan karena apa-apa, tetapi nama ini ternyata diambil dari kata “Cawitali” yaitu nama leluhur atau orang pertama yang mendirikan desa ini. Desa ini terletak di kecamatan Watukumpul, Pemalang, Jawa Tengah, Indonesia. Desa ini berjarak 50 Km dari pusat pemerintahan Kabupaten Pemalang dan 10 km dari pusat Kecamatan Watukumpul.

  desa cawet

Koplak

Koplak adalah sebuah istilah dari sifat atau perilaku orang yang gokil, lucu, dan menggelitik. Tetapi lain halnya dengan Koplak yang menjadi salah satu nama Desa di Indonesia. Desa/dusun Koplak, merupakan nama desa/dusun yang terletak di Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman Yogyakarta, tepatnya di Jalan Kaliurang KM 14.5 Km yang berada tepat bersebelahan dengan UII Yogyakarta. Tak ada referensi mengapa nama desa/dusun ini dengan nama Koplak yang artinya goblog atau bodoh. Namun nama ini banyak membuat orang merasa geli dan lucu, apalagi ketika mereka mendengarnya.

desa koplak

Bokong

Ini adalah istilah lain dari pantat yang sangat jarang dipakai oleh masyarakat dalam percakapan sehari-hari. Tetapi ternyata Bokong juga menjadi salah satu nama desa di Indonesia. Pertama, desa Bokong terletak disebelah utara desa Sonoharjo, Margokaton, Seyegan, Kabupaten Sleman, Propinsi DIY . Nama bokong ini banyak membuat orang geli dan mesem-mesem sendiri, karena menggunakan nama yang aneh dan lucu. Ada juga desa lain ynag menggunakan Bokong sebagai nama desanya, terdapat di Kecamatan Toianas Kebupaten Timur Tengah Selatan, NTT, yang terkenal dengan produksi pertanian yang sangat melimpah. Bokong sangat berlimpah dengan hasil bumi pertanian seperti padi, jagung, pisang, ubi dan kelapa. Juga kaya dengan mineral seperti mangan. meski demikian akses ke desa ini sangat sulit karena infrastruktur jalan yang minim. akses warga ke pelayanan seperti pendidikan, kesehatan dan air bersih juga sangat terbatas.

desa bokong

Toket

Bukan bermaksud berkata kotor atau tidak sopan, tetapi ternyata Toket adalah salah satu nama desa di Indonesia. Desa Toket yang terletak di Pamekasan, tepatnya di Kecamatan Proppo, Kabupaten Pamekasan Madura. Sisi positif di desa ini,Desa Toket ini sangat terkenal sebagai desa penghasil kerajinan batik yang sangat terkenal dari Madura. Desa yang terkenal penghasil batik di Pamekasan ini, dalam bayangan kita memiliki akses jalan yang mudah, nyatanya, menuju ke desa ini kita harus menaiki motor karena jalannya yang kecil. Semoga dengan peranya sebagai sentra batik dapat membuat akses ke desa ini dapat semakin baik kedepannya.

desa toke

Siluman

Terdengar mengerikan bukan? Siluman atau yang berarti setan dan roh halus ini menjadi istilah mistis yang paling dijauhi oleh manusia. Tetapi lain halnya dengan siluman ini. Nama Desa Siluman yang terlatak di Kecamatan Pabuaran Kabupaten Subang, Jawa Barat. Nama desa ini konon diambil dari nama sebuah sungai yang terdapat di wilayah desa ini, yakni sungai ci silukman, yang kemudian secara bertahap berubah dalam jangka waktu betahun-tahun menjadi Siluman.  Desa ini sangat terkenal dengan produksi padi dan industri rumah yaitu mebel kursi/kursi jok dan ukiran.

desa siluman

Danger

Dalam bahasa inggris, Danger biasa menjadi peringatan bahaya. Setiap orang yang mendapatkan notifikasi tersebut akan menjauh dari area atau obyek tersebut. Tetapi berbeda dengan danger yang satu ini. Danger merupakan salah satu desa yang terdapat di wilayah  kecamatan Masbagik, kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Desa danger ini merupakan salah satu dari 8 desa yang berada di Kecamatan Masbagik, yang matoritas waarganya bersuku sasak.

desa danger

Tutup

Apa jadinya jika ada plakat “Kantor Desa Tutup”? Apakah anda beranggapan bahwa Kantor Desa sedang tutup? Ternyata tidak, ternyata Tutup adalah nama sebuah desa di Indonesia. Desa Tutup terletak di Kecamatan Tunjungan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Jika anda akan ke kantor Desa untuk mengurus keperluan administrasi, jangan menyesal jika anda akan melihat “Desa Tutup”

desa kasmaran

Pacar Peluk

Pacar Peluk adalah sebuah desa di wilayah Kecamatan Megaluh, Kabupaten Jombang, Provinsi Jawa Timur. Desa yang dengan nama agak sedikit aneh ini memiliki Kode pos : 61457. pengangkatan nama desa ini masih kurang karena ketika di cari google, hanya segelintir yang menyertai gambaran desa disana. Namun ini merupakan pembuktian bahwa desa pacar peluk memang benar benar ada.

desa pacar peluk

Kebocoran

Ternyata ada juga nama desa yang seperti ini. Kebocoran biasanya diartikan sebagai kondisi ketika hujan dan air hujan masuk ke dalam rumah dari atap yang rusak, ataupun contoh lainnya. Tetapi lain halnya dengan Desa Kebocoran yang ternyata menjadi nama desa di Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas Jawa Tengah. Di dalamnya, kebocoran memang ada ketika hujan, tetapi tidak berarti semua rumah ada di Desa tersebut menderita atau mengalami kebocoran ketika hujan.

desa kebocoran

Setan

Setelah tadi ada Siluman, ternyata ada juga daerah yang bernama Setan. Jangan kaget ketika anda bertemu dengan salah satu murid dari sekolah disana. Ketika anda menanyakan “Anak mana?”, mereka akan menjawab “Anak Setan”. Tentunya mereka bukan anak setan, karena setan disini adalah nama Daerah di Secang, Magelang, Jawa Tengah.

desa setan

Kasmaran

Siapa yang kasmaran? Siapa orang kasmaran? Membingungkan bukan? Kasmaran biasanya diartikan sebagai kondisi ketika dua orang sedang jatuh cinta. Tetapi kasmaran ini bukanlah seperti itu. Kasmaran adalah nama Desa. Desa Kasmaran terletak +/- 25 km arah barat kota Sekayu, Sumatera Selatan. Konon Desa Kasmaran berkembang karena warga eks transmigrasi (dari Jawa) di seputar Sekayu membeli lahan dan membuka sawah. Kenapa Kasmaran, sampai saat ini belum ada jawaban dan arti pasti mengapa desa tersebut dinamakan Kasmaran.

desa kasmaran

Kandang Sapi

Siapa menyangka bahwa ada nama Desa di Indonesia yang menggunakan nama Desa Kandang Sapi. Kandang yang berarti rumah untuk hewan ternyata menjadi nama desa yang unik. Kandang Sapi adalah desa di kecamatan Jenar, Sragen, Jawa Tengah. Entah kandang sapinya yang besarnya satu desa atau desanya yang hanya sebesar kandang sapi. Atau mungkin sebagian besar penduduk disana memelihara sapi sebagai ternak.

desa kandang sapi

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.