Terunik! Inilah Penyajian Bakso Versi Seluruh Dunia

bakso_universal

Bakso, merupakan salah satu hidangan yang sangat digemari oleh banyak sekali orang, dari berbagai kalangan. Hidangan ini sangat merakyat, terbukti dengan kehadirannya diseluruh pelosok Indonesia, bahkan diseluruh Dunia. Bahkan, rentang usia penyukanya tidak dapat dibatasi, mulai dari anak kecil sampai dengan yang sudah tua sekalipun. Bakso yang biasanya dihidangkan dan disantap selagi panas sangat cocok dikonsumsi ketika cuaca sedang dingin, dan penyantapnya sedang mengingingkan mengkonsumsi makanan yang ringan tetapi mengenyangkan. Jika di Indonesia, dimanapun berada, santapan ini begitu terkenal dengan berbagai jenis penyajian yang khas, maka beda juga dengan yang ada di luar negeri.

Di Luar Negeri, Bakso biasa disebut dengan Meat Ball, dikarenakan bakso itu sendiri terbuat dari campuran daging sapi yang sudah digiling, dengan tepung tapioka yang dibentuk menyerupai bola kecil yang bulat. Santapan ini ternyata semakin fleksibel dengan berbagai jenis yang berragam, mulai dari bakso urat, bakso ikan, bakso keju, bahkan juga ada bakso yang dikombinasikan dengan isian buah didalam bola bakso itu sendiri. Nah, kalau di Indonesia sudah ada banyak sekali penyajian bakso yang menggiurkan dan membuat penasaran para pecinta bakso, bagaimana dengan bakso yang disajikan di berbagai negara lain? Ternyata, mereka memiliki kekreatifan sendiri untuk menyajikan bakso tersebut. Bagaimana cara mereka menyajikannya?

Italia

bakso_italia

Italia termasuk negara yang memiliki makanan khas dan juga kultur kuliner yang mendunia. Dan ternyata, Bakso sudah masuk dan memiliki pecintanya di negara ini. Di Italia, Bakso dikenal dengan polpette. Pollpete biasanya disantap sebagai hidangan pembuka atau disertakan dalam santapan sup. Bakso di Italia disajikan dengan menggunakan kuah kental, dan berbahan dasar dari daging sapi, babi, atau daging kalkun. Sedangkan, untuk pencampurannya, digunakan minyak zaitun, romano keju, telur, garam, merica hitam, bawang putih dan bubuk-bubuk roti, semua bahan tadi dicampur dan diaduk hingga membentuk bola gong. Seperti santapan lain di Italia yang sudah mendunia, Bakso khas Italia ternyata juga dicampurkan dengan spaghetti. Lalu bagaimana rasanya? Ternyata rasanya sangat nikmat jika dihidangkan bersama.

Swedia

bakso_Swedia

Di Swedia, bakso sangat khas dengan campuran mentega dan saus Lingonberry. Bakso Swedia juga biasa ditumis dan dilapisi saus yang terbuat dari susu dan tepung dengan campuran kentang rebus. Bagaimana ya rasanya? Ternyata lezat sekali. Unik dan campurannya begitu terasa sangat kreatif.

Vietnam

bakso_vietnam

Jika anda jalan-jalan ke Vietnam, atau juga di beberapa daerah di Eropa Utara, bakso biasanya akan disajikan dengan sup. Penyajian dengan sup ini dipengaruhi oleh budaya China yang pertama kali membawa Bakso ini ke daerah – daerah tersebut.

China

bakso_china

Berbeda dengan di Vietnam, Bakso China direbus dalam kaldu dan diberi daun bawang, jahe anggur shaoxing, dan kecap sebagai penambah rasa. Bakso China disajikan dengan sohun dan sayur-sayuran seperti kubis. Jika dilihat dari kombinasinya, Bakso khas China akan sangat kaya sekali dan sangat sehat untuk disantap.

Meksiko

bakso_meksiko

Di Meksiko sendiri, Bakso Meksiko dikenal sebagai Albondigas. Bakso ini merupakan bakso dengan kuah yang dibuat dari Saus Tomat. Kadang disajikan dengan nasi, kentang, atau sayuran lainnya. Bakso Albondigas direbus dan diberi saus tomat juga saus almond, tergantung selera. Cara memasaknya juga tidak terlalu rumit. Bahan-bahannya sederhana namun rasanya tetap eksotik. Bumbu-bumbu yang sering digunakan antara lain adalah daun ketumbar, bawang bombay, cengkih dan kayu manis. Bakso Meksiko ini termasuk sajian yang sangat kaya dan begitu sangat nikmat untuk disantap.

Amerika Serikat

bakso_amerika

Berbeda dengan negara-negara lain yang begitu getol membuat olahan Bakso yang kreatif dan kaya, orang Amerika cenderung tidak mau repot kalau berurusan dengan bakso. Biasanya bakso cukup dicampur dengan setengah botol anggur jeli, dan dengan setengah botol saus cabai atau bisa juga menggunakan kecap dan sedikit saus panas (cayenne pepper). Bakso khas Amerika Serikat ini bisa juga dicampurkan dengan nasi.

Jepang

bakso_jepang

Di Jepang bakso lebih dikenal dengan sebutan Tsukene, bakso ayam Jepang yang dimasak dengan cara di goreng atau dibakar dengan bumbu khas Yakitori. Bentuknya sedikit mirip dengan sate, mereka lebih suka menikmati bakso yang dipanggang ini dengan diberi kecap dan sedikit wijen.

Belanda

bakso_belanda

Di Belanda bakso dikenal dengan nama gehaktbal, bakso asal Belanda ini berbentuk bola daging yang digoreng garing biasanya disajikan dengan kentang rebus dan sayuran. Dalam bahasa Belanda, gehaktbal berasal dari kata gehadbal yang artinya hari daging cincang yang jatuh pada hari rabu.

Yunani

bakso_yunani

Ternyata, Bakso juga sampai di Negara Yunani. Di Yunani sendiri, bakso dikenal dengan nama Keftedes. Setiap keluarga di Yunani memiliki resep Keftedes masing-masing dan resep itu akan tergantung dari asal daerah mereka. Sungguh sangat unik jika mendengar pengertian Bakso di negara ini. Keftedes dibuat dari roti yang direndam air atau susu, kemudian dicampur dengan daging cincang, bawang putih dan oregano lalu digoreng hingga renyah. Sering kali ditambahkan dengan bumbu lainnya seperti kunyit, cuka anggur ataupun yang biasa disebut oujo. Daging yang digunakan biasanya adalah daging babi giling disertai kentang panggang. Bakso khas Yunani ini mungkin lebih mengarah ke Bakso Goreng yang ada di Indonesia. Tetapi jika dibayangkan rasanya, pasti sangat nikmat untuk disantap.

India

bakso_india

Bakso khas India ini biasanya kaya akan bumbu, seperti bawang putih, jahe, bombay, berbagai macam cabai, dan serbuk kari bernama garam masala. Nama bakso yang sangat populer di India ini adalah Kofta. Kofta terbuat dari daging sapi atau domba yang sudah dicincang dan dicampur dengan rempah-rempah dan bawang. Sebagai pendamping menyantap Kofta biasanya adalah saus kental. Kofta ini bisa dibakar, digoreng atau direbus.

Indonesia

bakso_indonesia

Di negara ini, seharusnya anda sudah tidak perlu bertanya, Bakso itu yang seperti apa? Pasti anda adalah salah satu orang yang sangat gemar untuk menyantap bakso. Di Indonesia sendiri penyajian bakso disajikan dalam keadaan masih panas dengan kuah sapi bening, dicampur mie, bihun, taoge, tahu, terkadang dicampur dengan tulang rusuk juga dan ditaburi bawang goreng dan seledri. Di Indonesia sendiri bakso sangat populer dan bisa ditemukan dimana saja, dari gerobak pedagang kaki lima hingga restoran besar.

Setelah mengetahui berbagai macam hidangan dan jenis penyajian bakso dari beberapa Negara, menurut anda, bakso yang seperti apa yang paling nikmat untuk disantap? Tetapi, yang namanya bakso mau bagaimana pun penyajiannya rasanya masih tetep enak kan? Buktikan deh!

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.